Kamis, 17 Maret 2011

Cara Memperbaiki LCD Laptop Yang Blank

ana mau berbagi pengalaman nih, laptop paman ana LCDnya putih, blank, muncul garis-garis putih. Dia minta tolong benerin katanya.
Ane kira LCDnya harus di ganti, saya tanya2 sama orang harga LCD 1,9 juta rupiah bo.... gila, mending nabung buat beli laptop baru dah...
Pas, coba cari di internet, ketemu deh tutorial ini. Ane share info ini siapa tau ada yang mengalami hal yang sama dengan saya dan tidak ingin repot2 merogoh kocek untuk membawanya ke tempat service. Ini dia cara memperbaiki LCD (layar monitor) Laptop yang rusak....

Masalah atau kerusakan yang sering terjadi :

1. Tampilan LCD warna putih semua, tidak ada tulisan yang terlihat.

2. Tampilan LCD gelap (back light tidak ada).


Bagaimana cara memperbaikinya ?

Untuk memperbaiki masalah no.1 langkah pertama adalah kita harus mendeteksi dulu, komponen mana yang bermasalah, biasanya kerusakan seperti ini disebabkan oleh kabel LCDnya, penulis sangat sering menemui kerusakan seperti ini, oleh karena itu melalui blog www.my.opera.com/klinik-printer ini saya tuliskan, mungkin berguna bagi anda:

1. Membongkar bagian LCD
Caranya buka penutup baut pada LCD, kemudian lepaskan baut/scrubya, setelah semua baut terlepas, sekarang gunakan obeng min (-) untuk membuka Casing atau cover LCD, gunakan obeng yang terbuat dari plastik agar tidak merusak casing (cover) LCD, sebaiknya berhati-hati. " Perhatikan Gambar 1".

Setelah terbuka, langkah berikutnya adalah melepas bagian LCD, caranya buka 4 baut penahan LCD pada bagian samping kiri dan kanan, tarik pelan-pelan dan letakkan di atas keyboard, kemudian lihat bagian belakang LCD, di situ terdapat beberapa kabel diantarnya : kabel LCD, kabel Camera, Kabel Antenna Wifi, dan kabel Inverter.

Perhatikan "Gambar No.2" yang bertanda lingkaran merah dan ditunjukkan oleh tanda panah warna hijau, itu adalah kabel LCD, sekarang lepaskan plester/solasi/selotape nya, tarik perlahan kabelnya sampai terlepas dari socketnya, bersihkan pin conektornya, kemudian pasang kembali, ganti plester/solasi/selotape nya kalau perlu ditambah supaya lebih kuat dan tidak bergeser pada saat buka tutup laptop.

Sekarang coba hidupkan Laptop anda



Apabila terlihat seperti pada gambar di atas berarti laptop anda sudah bagus dan masalahnya hanya pada socket kabel LCD yang loggar,

Setelah itu pasang LCDnya kembali dan jangan pasang casing/covernya dulu, dalam keadaan LCD yang masih terbuka dan Laptop masih On, sekarang coba lakukan tutup buka laptop anda berkali-kali, kalau tidak ada masalah berarti laptop anda sudah bagus.
Tapi kalau ternyata LCD notebook anda kembali warna putih semua, siap-siap karena anda akan mempunyai tugas lebih berat lagi yaitu melepas kabel LCD, menyambung kebel yang putus atau menggantinya dengan yang baru.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

permisi, mau tanya
notbook sy asus 1015, lcdnya blank putih, sudah coba ganti kabel baru tetep saja blank putih, saya ganti lcd dg tipe sama, normal2 aja... kira2 rusak bagian mana ya. thanks

About Me

Foto Saya
Indonesia
Talk Less Do More !